Macam-Macam Gejala dan Cara Mengobati Hepatitis

Pada artikel ini selain akan dibahas mengenai obat hepatitis B juga akan dibahas seputar penyebab hepatitis B.

Pengertian Penyakit Hepatitis

Hepatitis merupakan sebuah penyakit yang menyebabkan peradangan pada hati. Peradangan tersebut terjadi karena racun, bahan kimia atau obat-obatan yang menyebabkan infeksi. Dari infeksi tersebut terjadilah peradangan pada hati.

Penyebab Hepatitis

Umumnya hepatitis disebabkan oleh virus hepatitis.  Virus hepatitis sendiri ada 5 jenis yaitu hepatitis A, hepatitis B, hepatitis C, hepatitis D dan hepatitis E.

Meski umumnya penyebab penyakit ini adalah virus hepatitis, tetapi virus lain juga dapat menyebabkan hepatitis contohnya virus Epstein-Bar .

Penyakit Hepatitis B

Penyakit hepatitis B sendiri merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus hepatitis jenis B atau yang sering disebut VHB.

Hepatitis B masuk dalam kategori hepatitis akut yang dapat berlangsung selama tahunan dan dapat menyebabkan sirosis hati yang nantinya bisa jadi kanker hati.

Gejala Hepatitis B

Beberapa gejala yang terjadi pada seseorang yang terserang hepatitis B adalah sebagai berikut:

  • Perut terasa nyeri

  • Nyeri sendi

  • Demam

  • Urin berubah warna menjadi pekat bahkan berwarna coklat/hitam seperti teh

  • Warna tinja/feses memudar

  • Merasa mual dan muntah hingga hilang nafsu makan

  • Menjadi mudah lelah dan mengantuk

  • Warna putih bola mata menguning

Namun umumnya tidak banyak orang mengalami gejala atau tidak menyadari gejala-gejala tersebut. Jika muncul salah satu gejala di atas, jangan langsung berasumsi bahwa Anda terserang hepatitis B. Pastikan apakah ada lebih dari dua gejala di atas yang Anda alami.

Jika Anda mengalami lebih dari dua gejala  dari gejala-gejala tersebut, segera periksakan diri Anda ke dokter untuk memastikan apakah Anda mengidap hepatitis B atau tidak.

Obat Untuk Hepatitis B

Jika Anda sudah memeriksakan diri ke dokter dan positif menderita hepaitis B, selain mengkonsumsi obat-obatan yang diberikan oleh dokter, Anda bisa berusaha untuk menyembuhkan penyakit Anda dengan mengkonsumsi bahan-bahan alami di bawah ini.

  • Habbatussauda (jintan hitam). Habbatussauda umumnya menjadi oleh-oleh haji, tetapi sebenarnya tanaman ini juga tumbuh di Indonesia.

Namun jika Anda belum pernah melihat pohon jintan hitam atau sulit menemukan pohonnya di sekitar tempat tinggal Anda, maka Anda bisa membelinya di toko perlengkapan oleh-oleh haji atau toko obat-obatan herbal.

Manfaat jintan hitam bagi penderita hepatitis B adalah akan mengembalikan daya tahan tubuh dan membuat penderita hepatitis B tidak mudah lelah dan menyembuhkan nyeri otot.

Konsumsilah jintan hitam minimal 2 x 1 kapsul setiap harinya hingga Anda tidak mudah merasa lelah dan otot Anda tidak terasa nyeri.

  • Temulawak. Tanaman selanjutnya yang bisa digunakan untuk mengobati hepatitis B adalah temulawak. Tanaman ini sangat mudah didapatkan di pasar-pasar tradisional maupun supermarket di Indonesia.

Temulawak akan bekerja sebagai detox atau mengeluarkan racun yang terdapat di hati serta berfungsi sebagai antibakteri dan mengobati peradangan.

Minumlah air rebusan temulawak minimal 1 gelas sehari. Konsumsi setiap hari hingga tubuh Anda terasa membaik.

  • Susu Kambing. Seperti halnya temulawak, susu kambing juga berfungsi sebagai antibakteri. Susu kambing akan membunuh virus dan bakteri penyebab infeksi dan peradangan hati Anda.

Pastikan susu kambing yang Anda minum adalah susu kambing murni, bukan susu kambing dalam kemasan apalagi susu kambing dalam bentuk bubuk.

Mengapa Anda perlu mengkonsumsi susu kambing segar? Karena khasiat susu kambing kemasan baik itu cair ataupun bubuk sudah berkurang, tidak seperti susu kambing segar.

Demikian artikel tentang pengertian, gejala dan beberapa cara mengobati hepatitis B menggunakan tanaman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *